Jumat, 26 Februari 2016

Makalah Kelompok 3 - TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS

TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian
Dosen Pengampu : Angga Hidayat
NIDN : 0426110 8802






Disusun Oleh :

Fitri Rahmalia              (2013121600)
Puji Winarni                (2013121487)
 Retno Wulandari          (2013120883)
Ridzki Afiat                 (2013121468)
Riska Yulianti             (2013121785)
Septi Nuraini                (2013120897)


PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PAMULANG
2015

_______________________________________________________________________


BAB II
KAJIAN TEORI


2.1 Kerangka Pikir

2.1.1Definisi Teknologi
      Menurut Indrianto(1999:220), teknologi berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, “Teknologi mencangkup teknik dan peralatan yang didasarkan atas hasil”. Menurut Kadir (2013:110), teknologi adalah “Proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk, produk yang di hasilkan tidak terpisah dari produk yang telah ada dankarena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem”.
      Definisi lain mengenai teknologi dalam kamus besar bahasa Indonesia (1990:1158), teknologi adalah “Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan, keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia”.
      Menurut Penulis, teknologi adalah teknik dan peralatan yang didasarkan atas hasil dalam proses meningkatkan nilai tambah dalam menggunakan atau menghasilkan suatu produk, produk yang di hasilkan tidak terpisah dari produk yang telah ada karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

2.1.2Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
      Manfaat Teknologi informasi banyak sekali yang sudah dinikmati oleh umat manusia seperti dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan dan kesehatan yang dapat membantu manusia dalam melalukan aktivitasnya dan tentunya meningkatkan kualitas hidupnya, penjelasan dalam bidang tersebut mengacu pada penerapan teknologi informasi dalam perusahaan kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
      Salah satu pemanfaatan nya yaitu dalam dunia perdagangan.Teknologi informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.E-Cormmerce adalah perdagangan menggunakan jaringan internet.

      2.1.3 Kebutuhan Informasi Bisnis
      Untuk menjalankan sebuah bisnis, diperlukan data yang berguna, tepat waktu, akurat, terpercaya dan vaild. Bila data dalam bentuk mentah dievaluasi, dianalisis dan disatukan, informasi yang bermanfaatpun tersedia bagi manajer untuk membantu dalam membuat keputusan yang baik.
      Metode-metode yang digunakan untuk engumpulkan, menganalisis dan menyatukan informasi dari lingkungan eksternal dan internal menjadi semakin canggih berkat cakupan luas teknologi, yang membuat penelitian yang tepat waktu dan efiensi adalah penting bagi kelangsungan perusahaan.

2.1.4 Dampak Teknologi Terhadap Dunia Bisnis
      Bagi dunia bisnis, saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah pesat. Penerapan teknologi informasi dalam penelitian bisnis sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang bersekala nasional maupun swasta. Penerapan teknologi baik informasi ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis seperti pemanfaatan E-Commerce sebagai perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
      Pengaruh ini memberikan kemudahaan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun rekan bisnis tersebut berada di negara lain. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan video conferencemaupun internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak memungut biaya sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri global. Pengaruh ini tidak hanya berdapak pada usahawan saja yang memiliki perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang besar terhadap pegawainya. Pengaruh teknologi informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Manfaat teknologi sangatlah tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan internet sebagai sarana bisnisnya.

2.1.5 Teknologi Yang Biasa Digunakan Dalam Bisnis
      Teknologi biasa di gunakan untuk penelitian, terutama dalam mengumpulkan data, menyimpan data dan menganalisis informasi dalam data.Teknologi dalam penelitian bisnis adalah sebuah media interaktif elektronik seperti CD-ROM, DVD, browser, internet dan intranet, serta mesin untuk pencarian(search engine).Teknologi pun berperan sebagai Basis data komputerisasi pada compact disk juga tersedia khususnya dalam bidang keuangan, maka dari itu teknologi yang biasa di gunakan dalam bisnis terdiri dari :
1.      Internet
                        Dalam sebuah penelitian bisnis internet berfungsi sebagai jaringan    komputer tanpa batas yang menghubungkan komputer satu dengan          komputer lainnya di seluruh penjuru dunia, agar dapat membantu para             peneliti bisnis dalam penelitiannya.
·         Penggunaan Internet dalam Bisnis
                                    Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cendrung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan      informasi yang tepat dan relevan.
            Menurut Indriantoro (1999:301), internet dalam bisnis digunakan untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, surat elektronik, bulletin boards, kuesioner elektronik dan mailing list. Internet juga bias digunakan untuk    berdialog, berdiskusi dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, sehingga konsumen dapat dilibtkan secara proaktif dan interaktif dalam             perancangn, pengembangan, pemasaran dan penjualan produk.
2.      Surat Elektronik
                        Sebelumnya internet juga bisa dipastikan sebagai pertukaran             surat elektronik, namun surat elektronik atau email itu sendiri           menjadi cara utama komunikasi dalam bisnis, baik di dalam maupun             luar perusahaan. Email itu sendiri fasilitas di internet yang bertujuan        untuk keperluan surat menyurat dalam penelitian yang sangat     mempermudah penelitian.
3.      Intranet
                        Dalam teknologi intranet sangat penting untuk perusahaan yang        berbasis protocol TCP/IP. Intranet pun sebagai jaringan komputer           yang    terhubung ataupun tersambung yang digunakan oleh sebuah             perusahaan dalam penelitian bisnis, intranet hamper sama dengan internet,    hanya saja penggunaan internet sangat dibatasi oleh intansi atau           perusahaan tersebut sehingga hanya penggunaan tertentu saja yang dapat             mengakses.
            4.  Browser
                        Penelitian dalam bisnis sangat memerlukan sebuah jaringan   browser yang biasa digunakan untuk menjelajah internet dalam komputer, jadi browser itu sendiri berfungsi untuk menampilkan informasi kepada             pengguna internet khususnya dalam bisnis.
5.   Situs Web
                        Dalam penelitian bisnis situs web sangat saling berhubungan             dengan internet dan browser. Jadi dalam sebuah penelitian bisnis situs web         berfungsi sebagai kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan,     kelompok atau organisasi.

2.1.8Beberapa Peranti Lunak Yang Digunakan Dalam Penelitian Bisnis
      Menurut Kadir (2013:204), dalam peranti lunak ada beberapa program peranti lunak yang ada dalam bidang bisnis yang berbeda, bagaimana para peneliti akan terbantu oleh beragam peranti lunak yang tersedia, yaitu :
·         Groupware
            Peranti lunak yang beroperasi pada sebuah jaringan sehingga sejumlah tim dapat bekerja dalam proyek bersama dan peranti ini memungkinkan orang dari departemen berbeda untuk mengakses data bersama-sama.
·         Neural Network
            Merupakan suatu model yang dibuat untuk meniru fungsi belajar yang dimiliki otak manusia yang didesain untuk menelusuri pola-pola dalam sekumpulan data dan mengambil kesimpulanndarinya.Peranti lunak ini memungkinkan peramalan penjualan, prediksi pasar saham dan deteksi pola cuaca.
·         CAM/CAD
                        Peranti lunak computer-aided manufacturing (CAM) membantu       para insinyur untuk mendesain komponen manufaktur dan mengarahkan       produksi produk.Peranti lunak computer-aided design (CAD)             menghasilkan dan menampilkan gambaran-gambaran rumit dengan presisi, memungkinkan eksprementasi dengan desain yang berbeda.
·         Enterprise Resource Planning
                  Sistem dimana informasi yang diperuntungkan bagi perusahaan        manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan     mengotomatiskan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi,       produksi maupun distribusi di perusahaan yang bersangkutan.
·         Program Peranti Lunak Analisis Data
                  Program peranti lunak yang tersedia untuk memperoleh,        menyimpan dan menganalisis data mentah yang dikumpulkan melalui            survey, menggunakan SPP. SAS, Excel dan sebagainya.

       2.1.7 Aplikasi Terbaru Dalam Teknologi
      Banyak aplikasi terbaru dalam teknologi dikarnakan era global sekarang yang semakin lebih canggih dalam melakukan penelitian bisnis, maka dari itu aplikasi terbaru dalam teknologi ada 6 sebagai berikut :
·         Alat Elektronik Genggam (Handheld Device)
                  Sebuah alat yang dapat digunakan dengan ukuran yang cukup kecil sehingga dapat dibawa ke mana saja, sesuai dengan namanya handheld     device memiliki ukuran seukuran telapak tangan contohnya HP atau       handphone.
                  Aplikasi baru teknologi komputer diwakili oleh alat elektronik          genggam yang kecil dan efektif biaya seperti plam, yang dibantu oleh       kelas peranti lunak baru, mempermudah perolehan data dan analisis segera        dan telah memulai sebuah proses perubahan dalam dunia kerja. Alat             elektronik genggam mampu membantu perusahaan dalam        mengembangkan bisnisnya baik di dalam atau di luar perusahaan
·         Teknologi Suara Interaktif, CD-ROM dan Basis Data Relasional
                  Beberapa teknologi terbaru yang telah membantu bisnis untuk           melakukan penelitian guna meningkatkan efisiensi koperasional mereka.        Basis data relasional bertujuan pada basis data yang dapat dihubungkan         dalam cara apapun.
·         Digital Whiteboard
                  Salah satu teknologi canggih yang saat ini yang dapat            mempermudahkitapada saat melakukan presentasi. Tidak hanya untuk       presentasi, tetapi bisa menyimpan file-file secara permanen dan dapat       dikomunikasikan dengan mudah kepada orang lain diberbagai dunia             dengan metode ini.
·         Videokonferensi Kelompok
                  Teknologi video konferen digunakan dalam menampilkan materi      persentasi. Seperangkat teknologi ini memungkinkan dua pihak atau lebih    di lokasi yang berbeda dapat berinteraksi melaui pengiriman dua arah       audio dan video secara bersamaan.
·         Realitas Virtual
                  Pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang dibangkitkan             komputer, yang terlihat nyata denga bantuan sejumlah peralatan tertentu.
·         Menghubungkan PC ke Peralatan Elektronik
                  Menghubungkan perangkat keras lainnya dengan komputer contohnya, sebuah perusahaan dapat menyambung camcoder ke PC atau          ke seperanti TV untuk mengirim surat video melalui Internet.
      Dari ke 6 aplikasi terbaru dalam teknologi yang penulis jelaskan diatas maka dapat disimpul bahwa penelitian sangat mendukung aplikasi tersebut guna untuk mempermudahan sebuah penelitian tersebut.

      2.1.9 Sistem Informasi dan Pengambilan Keputusan Manajerial
            Keputusan adalah suatu tindakan pemilihan dimana pimpinan/manajer menentukan suatu kesimpulan tentang apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan dalam situasi tertentu. Dalam proses penyelesaian masalah manajer terlibat dalam pembuatan keputusan, yaitu tindakan memilih diantara berbagai alternative solusi pemecahan masalah dalam informasi, diantaranya.
1.      Data Warehousing
2.      Data Mining
3.      Riset Operasi

2.1.10Dimensi Internasional Ruag Maya
      Ruang maya(cyberspace) media yang tidak mengenal batas.Baik batas-batas wilayah maupun batas kenegaraan. Sehubungan dengan adanya unsur-unsur internasional dari kejahatan di dunia maya (cyber crime) tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri, khususnya berkenaan dengan masalah yurisdiksi.Dalam  bisnis harus berhati-hati adanya seorang hacker disekeliling kita dalam penelitian.

2.1.8 Penyimpanan dan Pengamanan Data
      Data penting pribadi atau perusahaan perlu mendapatkan perlindungan agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Itulah sebabnya data memerlukan media penyimpanan yang telah dilengkapi sistem keamanan tinggi.
·         Penyimpanan Basis Data
                  Didalam penyimpanandata, data itu sendiri merupakan senyawa perusahaan dan sebaiknya disimpan dalam sekurang-kurangnya dua lokasi lain atau setidaknya dicadangkan pada tape dan disimpan dalam lokasi terpencil lainnya.
·         Keamanan Data
                  Untuk melindungi informasi dari berbagai ancaman.ID digital dan firewall merupakan bebrapa tindakan pengamanan yang dipergunakan untuk mencegah penipuan dan penggunaan yang tidak valid.

2.1.11Keuntungan Manajerial Dari Kemajuan Teknologi
      Sistem informasi harus dimutakhirkan, penting bagi manajer untuk mengambil keuntungan dari teknologi informasi dan tetap mengetahui inovasi terbaru, teknologi peranti lunak dapat digunakan secara efektif dalam proses penelitian.

2.1.12Etika Dalam Menangani Teknologi Informasi
      Sangat penting bahwa privasi semua orangdilindungi, perusahaan juga perlu memastikan bahwa informasi rahasia yang berkaitan dengan induvidu dilindungi dan tidak bocor kepada vendor yang tidak bermoral.Dalam etika memastikan informasi yang tidak benar tidak didistribusikan antara berbagai arsip berbeda perusahaan, mencari data untuk perusahaan dengan jujur, dapat dipercaya dan berhati-hati dalam mengumpulkan dan merekam data.

_____________________________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA


Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis (Untuk  Akuntansi& Manajemen)Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Kadir, Abdul &Terra Ch. Triwahyuni.2013. Pengantar Teknologi Informasi          Edisi    Revisi.Singapura:Penerbit Andi.
Noor, Juliansyah. 2010. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah).       Jakarta: Kencana.
Sekaran, Uma. 2014. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba             Empat.
Sudaryono.2014. Metodologi Riset di Bidang IT (Panduan Praktis, Teori dan          Contoh Kasus).Tangerang: Penerbit Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar